Mengembangkan Kemampuan Bahasa Dalam Mengenal Huruf Vokal atau Huruf Hidup Melalui Permainan Lagu "A I U E O" Pada Anak Kelompok A TK Negeri Pembina Tulungagung
Author (Penulis)
SUBANDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0145
Abstract
ABSTRAK
SUBANDI, Mengembangkan Kemampuan Bahasa Dalam Mengenal Huruf Vokal atau Huruf Hidup Melalui Permainan Lagu “A I U E O” Pada Anak Kelompok A TK Negeri Pembina Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015
Kata Kunci: Kemampuan bahasa,huruf vokal,permainan lagu
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di Kelompok A mengalami kesulitan mengembangkan kemampuan bahasa, hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran belum berjalan optimal, kurangnya perhatian orang tua, guru kurang kreatif dalam pembelajaran dan penggunaan media yang kurang menarik minat dan perhatian anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui permainan lagu dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak dalam mengenal huruf vokal atau hurf hidup pada anak Kelompok A TK Negeri Pembina Tulungagung Tahun Pelajaran 2014 – 2015 Kemampuan bahasa adalah kemamapuan untuk menyatakan, mengekspresikan, serta menyampaikan ide, pikiran, gagasan atau isi hati kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan yang mudah dipahami oleh orang lain.Dalam hal ini peranan huruf vokal sangatlah penting dalam bahasa. Permainan lagu “A I U E O” diterapkan agar pembelajaran menjadi optimal, sehingga dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak dengan baik. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana guru sebagai peneliti yang berkolaborasi dengan teman sejawat. Subyek penelitian anak Kelompok A TK Negeri Pembina Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus,tiap siklus satu kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, buku alat penilaian, alat bantu penilaian, buku rangkuman penilaian, lembar unjuk kerja siswa.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan pembelajaran permainan lagu “A I U E O”dapat mengembangkan kemampuan bahasa dalam mengenal huruf vokal pada kelompok A TK Negeri Pembina Tulungagung. Berdasarkan simpulan dari hasil penelitian ini, bahwa permainan lagu “A I U E O”dapat digunakan dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar anak,