Meningkatkan Kemampuan Kognitif Menyusun Benda Dari Besar-Kecil atau Sebaliknya Melalui Media Menara Bola Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015
Author (Penulis)
SRI SUJIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0144
Abstract
ABSTRAK
SRI SUJIATI: Mengembangkan Kemampuan Menyusun Benda Dari Besar-Kecil Atau Sebaliknya Melalui Media Menara Bola Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Tulungagung Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci : kemampuan menyusun benda dari besar-kecil atau sebaliknya, media Menara Bola.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan menyusun benda dari besar-kecil atau sebaliknya anak masih rendah, karena kuranngya pembelajaran yang variatif, dimana anak cenderung pasif guru yang aktif, pembelajaran yang monoton media yang digunakan guru kurang menarik sehingga masih terjadi kebingungan anak dalam pembelajaran.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah tindakan pembelajaran melalui media menara bola dapat meningkatkan kemampuan menyusun benda dari besar- kecil atau sebaliknya pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek anak kelompok B TK Negeri Pembina Tulungagung dengan jumlah siswa 15 anak.Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), Lembar Observasi Guru, lembar penilaian unjuk kerja anak dan alat penilaian perkembangan anak.
Kesimpulan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan media menara bola pada anak dapat meningkatkan kemampuan menyusun benda dari besar-kecil atau sebaliknya anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015.