MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA PASAK BERJENJANG PADA ANAK KELOMPOK B PAUD MAWAR TANGGUNGGUNUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SITIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0142
Abstract
ABSTRAK
SITIN : Meningkatkan kemampuan kognitif penjumlahan menggunakan media pasak berjenjang pada anak kelompok B PAUD Mawar Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri 2015
Kata kunci : Kemampuan, Kognitif, Penjumlahan, Media pasak berjenjang.
Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di PAUD Mawar Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung ternyata banyak anak yang belum mampu menghitung penjumlahan dengan benar baik secara lisan maupun dengan tulisan, hal tersebut di karenakan minimnya dukungan fasilitas, sarana dan prasarana seperti kesediaan alat peraga, sehingga anak merasa cepat bosan dan menjadikan anak dalam aspek perkembangan kognitif belum bisa berkembang secara optimal.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui media pasak berjenjang dapat meningkatkan kemampuan kognitif penjumlahan pada anak kelompok B PAUD Mawar Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2014 / 2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa lembar penilaian anak, lembar penilaian guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tindakan pembelajaran penjumlahan menggunakan media pasak berjenjang dapat di buktikan kebenarannya dapat meningkatkan kemampuan kognitif penjumlahan pada anak kelompok B PAUD Mawar Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, disarankan bahwa dalam meningkatkan kegiatan belajar guru menerapkan permainan - permainan dengan media dan alat peraga bervariasi sehingga lebih termotivasi dan lebih aktif dalam proses belajar mengajar.