Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1 sampai 10 Melalui Media Tangga Hitung Pada Kelompok A PAUD Darul Hikmah Tegalrejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung
Author (Penulis)
SITI MUAWANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0141
Abstract
ABSTRAK
MU’AWANAH,SITI : Meningkatkan Kemampuan mengenal konsep bilangan
1 sampai 10 melalui media Tangga Hitung pada Kelompok A PAUD Darul Hikmah Desa Tegalrejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri.
Kata Kunci:Berhitung, kemampuan kognitif ,media tangga hitung.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran Kognitif di PAUD Darul Hikmah belum optimal. Hal ini terlihat dari sikap anak yang kurang bersemangat ketika diadakan kegiatan berhitung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A PAUD Darul Hikmah Desa Tegalrejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan RKH, RKM, lembar observasi aktivitas guru, dan unjuk kerja.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Melalui siklus I, anak belum mampu melakukan kegiatan Berhitung dengan baik dan masih mencapai 45%. (2) Melalui siklus II, anak mengalami peningkatan 65% dalam kegiatan Berhitung. (3) Melalui siklus III, anak melakukan kegiatan Berhitung sudah memuaskan dengan hasil 85%.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, penerapan kegiatan Berhitung dengan Tangga Hitung dapat meningkatkan kemampuan Kognitif anak kelompok A PAUD Darul Hikmah. Jadi, antara guru dan anak harus terjalin suatu kerjasama dalam pembelajaran Kognitif. Agar tercipta suasana belajar yang baik dan mendapatkan hasil yang optimal.
Disarankan guru dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam kegiatan berhitung dengan media tangga hitung. Hal ini bertujuan agar anak lebih termotivasi dan kemampuan kognitif anak dapat meningkat.