Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Menyebut Hasil Penjumlahan Dengan Media Donat Hitung Pada Anak Kelompok B PAUD Nusa Bangsa Desa Jengglungharjo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung


Author (Penulis)

NANIK RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0125

Abstract

ABSTRAK Nanik Rahayu : Meningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Menyebut Hasil Penjumlahan Dengan Media Donat Hitung Pada Anak Kelompok B PAUD Nusa Bangsa Desa Jengglungharjo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Media Donat Hitung. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa di kelompok B PAUD Nusa Bangsa mengalami kesulitan dalam hal menyebut hasil penjumlahan hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran maqsih dominan oleh aktivitas yang klasikal dan di dominasi oleh peran guru, akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar yang rendah. Permasalahan peniliti adalah (1) Apakah penerapan pembelajaran dengan media donat hitung dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menyebut hasil penjumlahan? (2) Apakah penerapan pembelajaran dengan media donat hitung dapat meningkatkan hasil belajar anak? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penilitian anak kelompok B PAUD Nusa Bangsa Desa Jengglungharjo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, Lembar penilaian anak, Lembar penilaian observasi guru. Desain penelitian terdiri dari tiga siklus secara berulang yang meliputi siklus I, siklus II, dan siklus III. Setiap siklus dalam penelitian ini meliputi empat tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dengan media donat hitung terbukti dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menyebut hasil penjumlahan. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran dengan media donat hitung terbukti dapat meningkatkan hasil belajar anak. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Tujuan pembelajaran menggunakan media donat hitung dapat meningkatkan minat dan pemahaman anak terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. (2) Guru masih perlu meneliti terus dan meningkatkan pembelajaran yang kreatif agar anak lebih menyukai pelajaran yang di sampaikan oleh guru.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI