Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Berhitung 1-20 Melalui Media Celemek Pintar Pada Anak Kelompok B2 Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 48 Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015


Author (Penulis)

MISLATUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0123

Abstract

ABSTRAK MISLATUN : Meningkatkan kemampuan kognitif dalam berhitung 1-20 melalui media celemek pintar pada anak kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 48 Tulungagung Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP Kediri, 2015 Kata Kunci : Kognitif, Bermain Celemek Pintar Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 48 Tulungagung mengalami kesulitan dalam berhitung bilangan 1-20. Hasil pengamatan ini karena dalam proses pembelajaran masih didominasi oleh peran guru, sehingga anak pasif, lebih banyak melihat dan mendengarkan saja. Akibatnya situasi pembelajaran terasa membosankan dan monoton. Sehingga hasil yang dicapai kurang memuaskan. Permasalahan penelitian ini adalah apakah media celemek pintar dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam berhitung 1-20 pada anak kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 48 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 48 Tulungagung yang berjumlah 28 anak. Terdiri dari 16 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Kerangka pembelajaran yang digunakan berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), Lembar Kerja Siswa (LKS). Sedangkan instrumen penelitiannya adalah lembar hasil belajar siswa. Penelitian terdiri dari tiga siklus yaitu:Siklus I, Siklus II, Siklus III. Setiap siklus dalam penelitian ini meliputi empat tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Hasil refleksi dijadikan dasar untuk menentukan perbaikan pada siklus berikutnya. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini, kemampuan kognitif anak dalam berhitung melalui media celemek pintar dapat disimpulkan bahwa secara umum anak dapat menunjukkan minat dan pemahaman terhadap materi pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil pencapaian ketuntasan pada pra tindakan yaitu 25% yang dikategorikan cukup, siklus I menjadi 50% yang dikategorikan baik, siklus II menjadi 71,43% yang dikategorikan baik dan meningkat pada siklus III yaitu 85,71% yang dikategorikan sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media celamek pintar mampu meningkatkan kemampuan berhitung di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 48 Tulungagung. Ini menunjukkan hipotesis tindakan diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI