Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Kegiatan Bermain Grafik Buah Pada Anak Kelompok A PAUD PSM Desa Tanen Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung


Author (Penulis)

INDASAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0119

Abstract

Abstrak INDASAH, meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui permainan grafik buah pada anak kelompok A PAUD PSM Desa Tanen Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : permainan grafik buah, kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10, pendidikan anak usia dini. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih minimnya jumlah anak yang punya kemauan untuk mengenal lambang bilangan karena disebabkan faktor usia juga. Anak masih cenderung bermain bebas tanpa terbebani dengan aturan-aturan yang dibuat oleh guru. Permasalahan penelitian ini adalah: Apakah penerapan permainan grafik buah dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 anak kelompok A PAUD PSM Tanen Rejotangan? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A PAUD PSM Tanen. Penelitian dilaksanakan dengan 3 siklus, menggunakan instrument RKH, RKM, lembar observasi kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: melalui siklus tindakan pembelajaran melalui bermain grafik buah terbukti dapat mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A PAUD PSM Desa Tanen Kecamatan Rejotangan dan disarankan guru dapat mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui bermain grafik buah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI