Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Kegiatan Bermain Grafik Buah Pada Anak Kelompok A PAUD PSM Desa Tanen Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung
Author (Penulis)
INDASAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0119
Abstract
Abstrak
INDASAH, meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui permainan grafik buah pada anak kelompok A PAUD PSM Desa Tanen Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : permainan grafik buah, kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10, pendidikan anak usia dini.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih minimnya jumlah anak yang punya kemauan untuk mengenal lambang bilangan karena disebabkan faktor usia juga. Anak masih cenderung bermain bebas tanpa terbebani dengan aturan-aturan yang dibuat oleh guru.
Permasalahan penelitian ini adalah: Apakah penerapan permainan grafik buah dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 anak kelompok A PAUD PSM Tanen Rejotangan?
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A PAUD PSM Tanen. Penelitian dilaksanakan dengan 3 siklus, menggunakan instrument RKH, RKM, lembar observasi kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: melalui siklus tindakan pembelajaran melalui bermain grafik buah terbukti dapat mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A PAUD PSM Desa Tanen Kecamatan Rejotangan dan disarankan guru dapat mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui bermain grafik buah.