Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Permainan Tangkap Ikan Pada Anak Didik Kelompok Usia 4-5 Tahun PAUD Budi Luhur Serut Boyolangu Tulungagung
Author (Penulis)
ANITA DANAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0104
Abstract
ABSTRAK
ANITA DANAYANTI, Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Permainan Tangkap Ikan Pada Anak Didik Kelompok Usia 4-5 Tahun PAUD Budi Luhur Serut Boyolangu Tulungagung, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015
Kata Kunci: Kemampuan Penjumlahan dan Pengurangan, Permainan Tangkap Ikan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa anak didik kelompok usia 4-5 tahun di PAUD masih mengalami kesulitan dalam hal meningkatkan kemampuan penjumlahan dan pengurangan. Hal ini disebabkan karena peran guru yang lebih mendominasi proses pembelajaran, penggunaan metode pengajaran yang kurang menarik, serta kurang tersedianya media pembelajaran yang menarik minat anak didik.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah tindakan pembelajaran melalui permainan tangkap ikan dapat berfungsi meningkatkan kemampuan penjumlahan dan pengurangan pada anak didik kelompok usia 4-5 tahun PAUD Budi Luhur Serut Boyolangu Tulungagung?”
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Serut Boyolangu Tulungagung sebanyak 20 anak. Penelitian dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 (empat) tahapan yaitu perencanaaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dengan subyek penelitian anak didik kelompok usia 4-5 tahun PAUD Budi Luhur berupa RKM, RKH, Buku Alat Penilaian, Buku Bantu Penilaian, Buku Rangkuman Penilaian, dan Lembar Observasi Penilaian Siswa.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui permainan tangkap ikan dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan dan pengurangan anak didik kelompok usia 4-5 tahun PAUD Budi Luhur Serut Boyolangu Tulungagung.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok penggunaan metode pembelajaran melalui permainan tangkap ikan adalah untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan dan pengurangan, oleh karena itu guru sebagai mediator dan fasilitator harus mengutamakan proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, edukatif, dan menyenangkan. (2) sebagai upaya untuk memotivasi para guru PAUD agar terus mengembangkan kreativitas dalam penggunaan metode pembelajaran dan pengadaan media pembelajaran yang menarik, sehingga anak didik menjadi lebih mudah menerima materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.