Meningkatkan Kemamuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam Dengan bahan daun pisang pada Anak Kelompok A PAUD AN-NUR Desa Banjarejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015


Author (Penulis)

AINUN ISROFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0100

Abstract

ABSTRAK AINUN ISROFAH : Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui kegiatan Menganyam Dengan bahan daun pisang Pada Anak kelompok A PAUD AN-NUR Desa BanjarejoKecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG-PAUD,FKIP UNP Kediri,2015 Kata kunci: Motorik halus,Menganyam dengan daun pisang. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran motorik halus di PAUD AN-NUR belum optimal. Hal ini terlihat dari sikap anak yang kurang bersemangat ketika diadakan kegiatan menganyam. anak-anak cenderung kurang suka dengan bahan untuk mengayam seperti kertas dan lain-lain. Permasalahan penelitian ini adalah “ Apakah kegiatan menganyam dengan bahan daun pisang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A PAUD AN-NUR Desa Banjarejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung?” Penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A PAUD AN-NUR Desa Banjarejo. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, RKM, RKH, Lembar Observasi aktivitas guru dan Hasil karya anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Melalui Siklus I, Anak belum mampu melakukan kegiatan menganyam dengan baik dan masih mencapai 45%. (2) Melalui Siklus II, anak mengalami peningkatan 65% dalam kegiatan menganyam. (3) Melalui Siklus III, anak melakukan kegiatan menganyam sudah memuaskan dengan hasil 85%. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, kegiatan menganyam dengan bahan daun pisang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok A PAUD AN-NUR. Jadi antara guru dan anak harus terjalin suatu kerjasama dalam sutu pembelajaran motorik halus. Agar tercipta suasana dalam belajar yang baik dan mendapatkan hasil yang optimal. Disarankan guru dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan menganyam dengan daun pisang. Hal ini bertujuan agar anak lebih termotivasi dan kemampuan motorik halus anak dapat meningkat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI