MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BENTUK DAN WARNA MELALUI PERMAINAN PLAY BOARD DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK A TK IT AL-AQSHA TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
MARITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0099
Abstract
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BENTUK DAN WARNA MELALUI PERMAINAN PLAY BOARD DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK A TK IT AL-AQSHA TAHUN AJARAN 2014/2015
MARITA SARI
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universita Nusantara PGRI Kediri
Jl. K.H. Achmad Dahlan No.76 Kediri 64112 Telp. (0354) 776706
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada anak kelompok A TK IT Al Aqsha Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri masih banyak yang belum mampu dan kurang akitif dalam kegiatan permainan play board.
Permasalahan peneliti adalah kurang berkembangnya kemampuan kognitif pada anak kelompok A TK IT Al Aqsha Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor diantaranya kurang beragamnya media dan sumber belajar untuk kegiatan pengembangan kemampuan kognitif sehingga anak mudah bosan dan kurang menarik perhatian. Sehingga pada anak yaitu kurang berkembangnya kemampuan kognitif pada anak.
Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan objek penelitian anak kelompok A TK IT Al Aqsha Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa, RKM, RKH, lembar observasi anak dan lembar observasi guru.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan menerapkan permainan play board dapat mengembangkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A TK IT Al Aqsha Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, sehingga hipotesis dari penelitian ini diterima.
Kata Kunci : kognitif, permainan play board, pemberian tugas