MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN MENIRUKAN GERAKAN BINATANG PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA GAMBYOK KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

YUNITA RAHMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0096

Abstract

ABSTRAK Yunita Rahma: Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Menirukan Gerakan Binatang Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Gambyok Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 Kata Kunci: kemampuan motorik kasar, bermain menirukan gerakan binatang Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran guru mengalami kesulitan untuk mendapatkan hasil dari bermain menirukan gerakan binatang. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak melalui permainan menirukan gerakan binatang dengan metode unjuk kerja. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Apakah bermain menirukan gerakan binatang dapat meningkatkan motorik kasar pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Gambyok Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok A TK Dharma Wanita Gambyok Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 20 anak didik terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kegiatan bermain menirukan gerakan binatang untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak. Terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari rata-rata hasil presentasi pada siklus I (55%) dan meningkat lagi pada siklus II (70%) dan meningkat lagi pada siklus III (80 %) yang terus mengalami peningkatan, sehingga hasil hipotesis tindakan, diterima. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan: (1) Bagi kepala sekolah, hendaknya memotivasi guru untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas jika ada hambatan yang ditemui dalam proses pembelajaran yang nantinya juga bermanfaat. (2) Bagi guru, hendaknya dalam proses pembelajaran termasuk dalam peningkatan kemampuan motorik kasar anak menggunakan media yang menarik dan beragam. (3) Bagi orang tua, agar lebih memperhatikan setiap potensi yang dimiliki anak tidak hanya potensi akademik semata tetapi juga pada potensikreativitas anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI