MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN STICK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA TEGARON KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

YULIANA KURNIA PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0095

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN STICK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA TEGARON KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2014/2015 YULIANA KURNIA PUTRI Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri Jl. K.H. Achmad Dahlan No. 76 Kediri 64112 Telp. (0354) 776706 Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, Bahwa kemampuan berhitung di TK masih rendah dikarenakan sebagian besar anak hanya melakukan kegiatan berhitung di sekolah. Dengan keterbatasan waktu di sekolah kegiatan berhitung menjadi kurang maksimal. Selain hal itu guru hanya menggunakan media yang kurang menarik dan tulisan dipapan tulis saja, yang menyebabkan anak tidak berminat untuk belajar berhitung. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah dengan kegiatan bermain stick angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A di TK Dharma Wanita Tegaron Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2014/2015?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita Tegaron Kecamatan Prambon. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen RKH, lembar observasi aktivitas anak, lembar observasi aktivitas guru dan hasil kegiatan anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan permainan stick angka terbukti dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Tegaron Kecamatan Prambon. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Tujuan pokok penggunaan strategi bermain stick angka adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak. Oleh sebab itu guru sebagai fasilitator harus memberikan berbagai media yang menarik dan meningkatkan minat berhitung anak. Kata Kunci: Berhitung, bermain stick angka.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI