MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA GELAS ALFABET PADA ANAK KELOMPOK B PAUD QUEEN ALAAFIN BAITUSSHOLIKHIN DESA JABON KECAMATAN BANYAKAN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015


Author (Penulis)

YULI NURCAHYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0093

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa: kemampuan anak dalam membaca pada anak kelompok B Paud Queen Alaafin Baitussholikhin masih rendah, hal ini disebabkan karena beberapa faktor diantaranya faktor orang tua dan guru. Dengan memotivasi belajar anak melalui penggunaan media dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak melalui penggunaan media gelas alfabet pada anak kelompok B sebagai bekal untuk memasuki pendidikan selanjutnya. Dengan pembelajaran yang menyenangkan dapat memotivasi anak untuk lebih fokus dan konsentrasi dalam belajar membaca. Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui media gelas alfabet dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B Paud Queen Alaafin Baitussholikhin Desa Jabon Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri tahun 2014/2015, yang berjumlah 16 anak didik terdiri dari 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B PAUD Queen Alaafin Baitussholkihin Jabon Kecamatan Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilaksanakan melalui tiga siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) refleksi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Media gelas alfabet dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B dapat dibuktikan bahwa melalui media ini kemampuan anak dalam membaca mengalami peningkatan yang signifikan dari hasil siklus I (50%), siklus II(62%) dan siklus III meningkat menjadi (88%) melebihi dari apa yang diharapkan oleh peneliti yaitu 75%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan dalam upaya meningkatkan metode mengajar, guru harus lebih kreatif dalam membuat alat peraga. Sehingga pengajaran dapat lebih menarik bagi anak, tidak selalu monoton dan tercapainya target kurikulum yang sudah diprogramkan. Kreativitas guru sangat membantu dalam pembelajaran. Pemanfaatan barang-barang bekas harus dilakukan oleh guru. Selain murah dan mudah didapat juga dapat menambah perbendaharaan alat peraga di sekolah, dan dapat memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Membaca, media, gelas, alfabet.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI