MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGURUTKAN ANGKA 1-20 MELALUI MEDIA BENDERA PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B RA KUSUMA MULIA SUKOANYAR II KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ULIL HIDAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0090

Abstract

ULIL HIDAYATI: Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka 1-20 Melalui Media Bendera Pintar Pada Anak Kelompok B RA Kusuma Mulia Sukoanyar II Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Kemampuan kognitif, mengurutkan angka, media bendera pintar Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa kemampuan kognitif dalam mengurutkan angka 1-20 pada anak kelompok B RA Kusuma Mulia Sukoanyar II Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri masih tergolong rendah. Untuk itu, peneliti berupaya untuk melakukan perbaikan melalui media bendera pintar untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dala mengurutkan angka 1-20. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah melalui media bendera pintar dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengurutkan angka 1-20 pada anak kelompok B RA Kusuma Mulia Sukoanyar II Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri?”. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B RA Kusuma Mulia Sukoanyar II Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri pada tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 21 anak, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan kognitif dalam mengurutkan angka 1-20 pada anak kelompok B RA Kusuma Mulia Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri sebelum dan sesudah dilakukan tindakan perbaikan melalui media rumah angka. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif, yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada tindakan siklus I hasil prosentase belajar anak masih mencapai 43%, sedangkan pada tindakan siklus II prosentase ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 62%, dan pada tindakan siklus III prosentase ketuntasan belajar anak meningkat sangat baik menjadi 81%. Dengan demikian, diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar anak mulai dari pra tindakan sampai dengan tindakan siklus III. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah melalui bendera pintar dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengurutkan angka 1-20 pada anak kelompok B RA Kusuma Mulia Sukoanyar II Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri pada tahun ajaran 2014/2015, sehingga hipotesis tindakan, diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI