MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B1 RA.KUSUMA MULIA TURUS KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014 / 2015
Author (Penulis)
SUCI SUSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0084
Abstract
tindakan Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah, apakah penerapan kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada anak Kelompok B1 RA. Kusuma Mulia Turus Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok B1 RA. Kusuma Mulia Turus Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Lembar Observasi Guru, Lembar Observasi Anak dan Hasil Penelitian Kemampuan Anak.
Hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif, bahwa dengan kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak dalam penjumlahan dan pengurangan. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran dengan menggunakan kegiatan bermain peran anak mampu berhitung dengan baik.
Kesimpulan hasil penelitaian ini adalah bahwa penerapan kegiatan bermain peran dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada anak. dan dapat dibuktikan bahwa melalui metode ini kemampuan anak dalam berhitung mengalami peningkatan yang disignifikan dari apa yang diharapkan oleh peneliti. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.
Kata kunci : Kemampuan Berhitung, Kegiatan Bermain Pera