MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN LAMBANG BILANGAN 1-20 MELALUI MEDIA RUMAH ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA II PLAOSAN KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SITI ZULAIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0083

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN LAMBANG BILANGAN 1-20 MELALUI MEDIA RUMAH ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA II PLAOSAN KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015 SITI ZULAIKAH Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri Jl. K.H. Achmad Dahlan No. 76 Kediri 64112 Telp. (0354) 776706 ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita II Plaosan Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti diketahui bahwa kemampuan mengurutkan lambang bilangan 1-20 pada anak kelompok B TK Dharma Wanita II Plaosan Kecamatan Wates Kabupaten Kediri masih relative rendah. Untuk itu, peneliti berupaya melakukan perbaikan dengan mengadakan penelitian tindakan kelas dengan judul “Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Lambang Bilangan 1-20 Melalui Media Rumah Angka Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita II Plaosan Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015” Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan mengurutkan lambang bilangan 1-20 pada anak kelompok B TK Dharma Wanita II Plaosan Kecamatan Wates Kabupaten Kediri sebelum dan sesudah dilakukan tindakan perbaikan melalui media rumah angka. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pada tindakan siklus I hasil prosentase belajar anak masih mencapai 47%, sedangkan pada tindakan siklus II prosentase ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 64%, dan pada tindakan siklus III prosentase ketuntasan belajar anak meningkat sangat baik menjadi 82%. Dengan demikian, diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar anak mulai dari pra tindakan sampai dengan tindakan siklus III. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui media rumah angka dapat meningkatkan kemampuan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita II Plaosan Kecamatan Wates Kabupaten Kediri tahun 2014/2015, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini, dapat diterima. Kata kunci: Kemampuan mengurutkan lambang bilangan, media rumah angka

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI