MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI BERMAIN MEMBATIK DENGAN PELEPAH PISANG PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA GONDANGLEGI III KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SITI NUR ARIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0080
Abstract
ABSTRAK
Siti Nur Arifah. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Bermain Membatik dengan Pelepah Pisang pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Gondanglegi III Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi S-1 PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015.
Kata Kunci: Kemampuan Motorik Halus, Bermain membatik.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran guru mengalami kesulitan untuk mendapatkan hasil dari bermain membatik dengan melalui media pelepah pisang. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui media pelepah pisang dengan metode pemberian tugas.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah bermain membatik dengan media pelepah pisang. Dapat meningkatkan motorik halus pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Gondanglegi III Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2014/2015?. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok B TK Dharma Wanita Gondanglegi III Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 18 anak didik terdiri dari 5 anak laki-laki dan 13 anak perempuan.
Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) refleksi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kegiatan bermain membatik dengan melalui media pelepah pisang untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak. Terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari rata-rata hasil persentase pada siklus I (53%) dan meningkat pada siklus II (65%) dan meningkat lagi pada siklus III (76%), sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima.
Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan: Hendaknya hasil belajar anak yang dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini tetap diperhatikan atau bahkan ditingkatkan lebih baik lagi. Pembelajaran dengan menerapkan kegiatan bermain membatik dengan melalui media pelepah pisang untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik halus.
Pihak sekolah hendaknya mendorong guru untuk melakukan kegiatan belajar yang inovatif sehingga berdampak positif dalam perkembangan anak serta mengembangkan kemampuan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.