MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA ULAR STIKER ALPHABET PADA ANAK KELOMPOK A RA PERWANIDA KAMPUNGBARU TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SITI MUNAWAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0079

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pengamatan di RA PERWANIDA Kampungbaru Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015 khususnya pada kelompok A. Dari hasil observasi awal dilakukan peneliti menemukan adanya masalah yaitu rendahnya minat anak didik belajar membaca dengan benda–benda yang ada di lingkungan, anak lebih menyukai pembelajaran mewarnai, motorik halus dan bermain di luar. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran melaui media ular stiker alphabet dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A RA Perwanida Kampungbaru Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015 ?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A RA Perwanida Kampungbaru Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen RKH, RKM, indikator, lembar observasi anak, lembar penilaian anak, lembar hasil belajar anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Pembelajaran penelitian ini menggunakan penyusunan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan dari refleksi. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga minggu dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan membaca permulaan melalui media ular stiker alphabet mempunyai pengaruh positif yaitu dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok pembelajaran membaca permulaan melalui media ular stiker alphabet adalah untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada anak. Oleh sebab itu, guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana yang menyenangkan. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah pembelajaran membaca permulaan melalui media ular stiker alphabet sesuai dengan seluruh karakteristik pembelajaran dan karakteristik anak didik. Kata kunci: Media Ular Stiker Alpabet, Kemampuan Membaca Permulaan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI