MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN LONCAT ABJAD PADA ANAK-ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA II BANYAKAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SITI LATIFATU NAILI RISLINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0078
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan mengenal huruf anak kelompok A di TK Kusuma Mulia II Banyakan masih rendah. Hal ini disebabkan oleh media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik kurang menarik, yakni hanya berupa buku kegiatan dan buku kotak saja padahal jumlah huruf juga tidak sedikit yaitu ada 26 huruf.
????Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah : Apakah penerapan kegiatan bermain loncat abjad dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di TK Kusuma Mulia II Banyakan Desa Banyakan Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan permainan loncat abjad dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal huruf pada anak didik kelompok A TK Kusuma Mulia II Banyakan Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015.
????Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian 24 anak kelompok A TK Kusuma Mulia II Banyakan. Penelitian dilaksanakan tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Harian (RKH), Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), lembar penilaian anak, dan lembar observasi guru.
????Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan permainan “Loncat Abjad” terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia 2 Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari prosentase rata-rata kemampuan mengenal huruf anak menggunakan permainan loncat abjad yang terus mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 53,12% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sebesar 68,75% dan meningkat lagi pada siklus III yaitu menjadi sebesar 79,17%.
????
Kata kunci : kemampuan mengenal huruf, permainan loncat abjad