MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL HURUF VOKAL DAN KONSONAN MELALUI APLIKASI ADOBE FLASH PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA BETET KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

SITI FARIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0077

Abstract

ABSTRAK SITI FARIDA: Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Aplikasi Adobe Flash Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Betet Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, huruf vokal dan konsonan, aplikasi adobe flash. Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita Betet Kecamatan Pesantren Kota Kediri, diketahui bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal huruf vokal dan konsonan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Betet Kecamatan Pesantren Kota Kediri relatif rendah. Untuk itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Palikasi Adobe Flash Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Betet Kecamatan Pesantren Kota Kediri”. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui tindakan melalui penggunaan Aplikasi Adobe Flash dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal huruf vokal dan konsonan anak kelompok B TK Dharma Wanita Betet Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja. Hasil perolehan pada siklus I menunjukan bahwa ketuntasan belajar anak masih mencapai 56%. Hasil perolehan dari siklus II menunjukkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan belajar anak. Hasil perolehan siklus III menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan belajar anak meningkat sangat baik mencapai 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan Aplikasi Adobe Flash dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal huruf vokal dan konsonan anak kelompok B TK Dharma Wanita Betet Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Oleh Karena itu, hipotesis tindakan dalam penelitian ini, diterima. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Bagi guru Taman Kanak-kanak khusunya guru TK Dharma Wanita Betet, hendaknya dapat menggunakan aplikasi adobe flash didalam memperkenalkan huruf vokal dan konsonan, karena melalui penelitian ini sudah terbukti dapat mengembangkan kemampuan anak mengenal huruf vokal dan konsonan. (2) Bagi Kepala Sekolah khususnya Kepala TK Dharma Wanita Betet hendaknya dapat memberikan fasilitas dengan menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang lengkap untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran. (3) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan aplikasi adobe flash dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak untuk mengembangkan materi-materi dan aspek-aspek perkembangan anak lainnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI