MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG BENDA MELALUI MEDIA KERETA PELANGI PADA ANAK KELOMPOK A TK PLUS KUSUMA MULIA PURWOASRI KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
SITI DWI TYAS NINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0076
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan kognitif merupakan salah satu kegiatan belajar yang mampu mengembangkan kemampuan dasar matematika di masa tahapan awal perkembangannya yaitu dimasa pendidikan pra sekolah atau pendidikan taman kanak-kanak. Akan tetapi, berdasarkan hasil pengamatan awal di kelompok A TK Plus Kusuma Mulia Purwoasri ditemukan bahwa anak masih kesulitan dalam membilang angka, dikarenakan dalam kegiatan pembelajaran anak terlihat kurang aktif serta media yang digunakan kurang menarik minat anak. Oleh karena itu, peneliti tertarik mengadakan penelitian dengan judul “Mengembangkan Kemampuan Membilang Benda Melalui Media Kereta Pelangi Pada Anak Kelompok A Tk Plus Kusuma Mulia Purwoasri Kabupaten Kediri 2014/2015”.
Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Plus Kusuma Mulia Purwoasri Kabupaten Kediri yang berjumlah 18 anak, terdiri dari 13 anak laki-laki dan 5 anak perempuan.
Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui tindakan melalui penggunaan media kereta pelangi dapat mengembangkan kemampuan membilang banyak benda dari 1-10 pada anak kelompok A TK Plus Kusuma Mulia Purwoasri Kabupaten Kediri.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja.
Hasil perolehan pada siklus I menunjukan bahwa ketuntasan belajar anak masih mencapai 44%. Ketuntasan belajar pada siklus I belum sesuai harapan. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan pada siklus II. Hasil perolehan dari siklus II menunjukkan bahwa ketuntasan belajar anak masih mencapai 67%. Hasil perolehan siklus III menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan belajar anak mencapai 83%, pada siklus ketiga ini prosentase ketuntasan belajar anak meningkat dengan baik, maka penelitian ini berhasil dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui media kereta pelangi dapat mengembangkan kemampuan membilang banyak benda dari 1-10 pada anak kelompok A TK Plus Kusuma Mulia Purwoasri Kabupaten Kediri, sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.
Kata kunci : kemampuan membilang benda, media kereta pelangi.