MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN MEDIA KERTAS PADA ANAK KELOMPOK A TK PERWANIDA I MRICAN KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SHOLIHATIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0074

Abstract

Perkembangan motorik adalah perkembangan dari unsur pengembangan dan pengendalian gerak tubuh. Perkembangan motorik berkembang dengan kematangan syaraf dan otot. Perkembangan motorik pada anak meliputi motorik halus dan kasar. Motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu, yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih. Misalnya, kemampuan memindahkan benda dari tangan, mencoret-coret, menyusun balok, menggunting, menulis dan sebagainya. Berdasarkan observasi pada anak kelompok A TK Perwanida I Mrican Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, ternyata kemampuan motorik halus anak khususnya dalam menganyam masih relatif rendah atau kurang terampil dalam pengembangan kreativitasnya. Oleh karena itu, peneliti tertarik mengadakan penelitian dengan judul “Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam dengan Media Kertas pada Anak Kelompok A TK Perwanida I Mrican Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015”. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Perwanida I Mrican Kecamatan Mojoroto Kota Kediri yang berjumlah 26 anak, terdiri dari 13 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik hasil karya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan motorik halus anak dalam menganyam kertas mulai dari siklus I, siklus II, dan tindakan siklus III. Dengan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak dalam menganyam kertas dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil dengan baik, serta hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Diharapkan pada peneliti selanjutnya lebih mengembangkan kreativitasnya dalam penelitian kepada anak didik, khususnya pada anak usia dini dan benar-benar dapat memahami penggunaan kegiatan melipat kertas dalam pembelajaran agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Kata kunci: motorik halus, menganyam, media kertas

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI