MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PINTAR PADA ANAK-ANAK KELOMPOK A TK MUMTAZA CERIA KECAMATAN KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SEPTIANI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0071
Abstract
ABSTRAK
SEPTIANI WULANDARI : Mengembangkan Kemampuan Mengenal Komsep
Bilangan 1-10 Menggunakan Papan Pintar pada Anak Kelompok A TK Mumtaza Ceria
Desa Kalianyar Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2014/2015,
Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015
Kata Kunci : Kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10, media papan pintar
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti,
bahwa kemampuan kognitif anak di Taman Kanak-Kanak Mumtaza Ceria masih belum
berkembang secara optimal. Dikatakan belum optimal karena dijumpai ada beberapa
anak yang belum dapat mengenal angka. Selain itu, guru tidak juga kurang
memperhatikan media pembelajaran yang digunakan. Guru tidak pernah
mengkombinasikan atau membuat media pembelajaran baru yang lebih menrik.
Akibatnya anak mudah merasa bosan setiap mengerjakan tugas yang diberikan oleh
guru.
Permasalahan yang akan dipecahkan melalui penelitian ini adalah : Apakah
penerapan kegiatan media papan pintar dapat mengembangkan kemampuan mengenal
konsep bilangan Anak di Kelompok A TK Mumtaza Ceria Kecamatan Kertosono
Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2014/2015?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan subyek penelitian 15 Anak Kelompok A TK Mumtaza Ceria Kecamatan
Kertosono Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian dilasanakan dalam
tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi guru lembar
penilaian observasi kemampuan mengenal konsep bilangan .
Kesimpulan hasil peneltian adalah kegiatan media papan pintar tebukti dapat
mengembangkan kemampuan mengenal angka Anak di Kelompok A TK Mumtaza
Ceria Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini
terbukti dari kenaikan prosentase rata-rata kemampuan mengenal konsep bilangan anak
dari Siklus I 26,66% naik menjadi 40% pada Siklus II.
Berdasarkan simpulan hasil peneliti ini, disarankan: (1) Bagi Penyelenggara
Pendidik, untuk mengimplementasikan kegiatan media papan pintar pada aktivitas lain
dengan bahan dan metode atau teknik yang lain pula. (2) Bagi guru, untuk
meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak bisa dilaksanakan dengan
media yang menarik dan beragam sehingga dapat meningkatkan motivasi dan
konsentrasi anak dalam belajar. (3) Bagi orang tua, agar lebih memperhatikan setiap
potensi yang dimiliki anak tidak hanya potensi akademik semata tetapi juga pada
potensi kreativitas anak dengan diterapkannya kegiatan kreativitas dirumah dengan
suasana yang menyenangkan. (4) Bagi peneliti selanjutnya, agar lebih memperhatikan
aktivitas-aktivitas anak di dalam maupun diluar sekolah. Ini dmaksudkan agar
instrumen yang dibuat lebih baik.