MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA TUSUK WARNA PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN PAUD BINTANG BERSINAR KECUBUNG KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

ROSALIA PERMATASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0069

Abstract

ROSALIA PERMATASARI: Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Menggunakan Media Tusuk Warna Pada Anak Kelompok Bermain PAUD Bintang Bersinar Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Pada Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi PG-PAUD,FKIP UNP Kediri, 2015 Kata Kunci: kemampuan mengenal konsep bilangan, media tusuk warna. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan anak –anak di PAUD BINTANG BERSINAR masih rendah.Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak. Permasalahan yang akan dipecahkan melalui penelitian ini adalah : Apakah penggunaan media tusuk warna dalam penbelajaran dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak-anak kelompok bermain paud bintang bersinar kecubung kecamatan pace kabupaten nganjuk pada tahun ajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok bermain PAUD BINTANG BERSINAR Ds. Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk 2014/ 2015, yang berjumlah 17 anak didik terdiri dari 6 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RKM (Rencana Kegiatan Mingguan),RKH (Rencana Kegiatan Harian), lembar penilaian lembar kerja anak dan lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kegiatan bermain dengan menggunakan media tusuk warna dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak. Terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari rata-rata prosentase kemampuan anak pada siklus I adalah 66,2 %, meningkat lagi pada siklus II yaitu 73,5 % dan meningkat lagi pada siklus III yaitu 82,9 % yang terusmengalamipeningkatan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan : (1) bagi penyelenggara lembaga, sebaiknya menyediakan alat pembelajaran yang beragam, (2) bagi guru,menyajikan pembelajaran yang menarik, (3) bagi orang tua,untuk memberi bimbingan dan memotivasi anak, (4)bagi peneliti, media tusuk warna dapat dikembangkan selain untuk mengenal konsep bilangan juga bisa untuk mengenal huruf

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI