MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA TUTUP BOTOL UNTUK ANAK-ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 1 GAYAM KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ROFIKA KARTIKASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0068

Abstract

ABSTRAK ROFIKA KARTIKASARI: Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Tutup Botol pada Anak-anak Kelompok B TK Dharma Wanita 1 Gayam Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Program Studi PG - PAUD FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci: Kemampuan berhitung, media tutup botol. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berhitung pada anak-anak kelompok B TK Dharma Wanita 1 Gayam Tahun Ajaran 2014/2015 masih rendah. Ini disebabkan oleh metode dan media pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik. Guru biasanya hanya menerapkan jarimatika dan menggunakan lembar kerja tanpa memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar sehingga anak kurang tertarik dan tentunya akan menghambat perkembangan berhitung anak. Rumusan permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah “apakah penggunaan media tutup botol dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak-anak kelompok B TK Dharma Wanita 1 Gayam Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015 ? ”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 25 anak kelompok B TK Dharma Wanita 1 Gayam. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus . Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi untuk guru dan lembar penilaian untuk anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media tutup botol dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita 1 Gayam Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari prosentase rata-rata kemampuan berhitung menggunakan media tutup botol yang terus mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 69%, siklus II sebesar 73% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 75%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini peneliti menyarankan: kepada guru hendaknya dalam proses pembelajaran termasuk dalam meningkatan kemampuan berhitung anak menggunakan media yang menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi anak dalam peningkatan hasil belajar dalam kemampuan berhitung sehingga dapat berkembang secara optimal. Serta hendaknya kepala sekolah memotivasi guru untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas kalau ada hambatan yang ditemui dalam proses pembelajaran yang nantinya juga bermanfaat untuk pengembangan profesionalisme guru yang bersangkutan dan peningkatan prestasi hasil belajar anak didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-02

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI