MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS DALAM MENGENAL GEJALA ALAM TERJADINYA PELANGI MELALUI MEDIA RAINBOW ON CD-R PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA III JAMSAREN KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RIZKIA NURIYATUL ISLAMIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0067

Abstract

ABSTRAK RIZKIA NURIYATUL ISLAMIYAH: Mengembangkan Kemampuan Sains Dalam Mengenal Gelaja Alam Terjadinya Pelangi Melalui Media Rainbow On CD-R Pada Anak Kelompok A TK Kusuma Mulia III Jamsaren Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri 2015. Kata Kunci: Kemampuan sains, gejala alam, media rainbow on CD-R Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di TK Kusuma Mulia III Jamsaren Kota Kediri. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti diketahui bahwa kemampuan sains dalam mengenal gejala alam terjadinya pelangi pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia III Jamsaren Kota Kediri masih tergolong rendah. Untuk itu, peneliti termotivasi untuk mengadakan penelitian dengan judul “Mengembangkan Kemampuan Sains Dalam Mengenal Gelaja Alam Terjadinya Pelangi Melalui Media Rainbow On CD-R Pada Anak Kelompok A TK Kusuma Mulia III Jamsaren Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015”. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Kusuma Mulia III Jamsaren Kota Kediri yang berjumlah 17 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui tindakan melalui penggunaan media rainbow on CD-R dapat mengembangkan kemampuan sains dalam mengenal gelaja alam terjadinya pelangi pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia III Jamsaren Kota Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja. Hasil perolehan pada siklus I menunjukan bahwa ketuntasan belajar anak masih mencapai 48%. Ketuntasan belajar pada siklus I belum sesuai harapan. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan pada siklus II. Hasil perolehan dari siklus II menunjukkan bahwa ketuntasan belajar anak masih mencapai 59%. Hasil perolehan siklus III menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan belajar anak mencapai 82%, pada siklus ketiga ini prosentase ketuntasan belajar anak meningkat dengan baik, maka penelitian ini berhasil dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui media rainbow on CD-R dapat mengembangkan kemampuan sains dalam mengenal gejala alam terjadinya pelangi pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia III Jamsaren Kota Kediri, sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-02

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI