MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA TALI JEMURAN PADA ANAK KELOMPOK A TK DEWI SARTIKA KEC. MOJOROTO KOTA KEDIRI THN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RITA ROJIUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0064

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan anak dalam berhitung 1-10 masih rendah. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang kurang menarik sehingga anak kurang aktif dan cepat bosan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah penggunaan media tali jemuran dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A TK Dewi Sartika Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun ajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Dewi Sartika Kecamatan Mojoroto Kota Kediri 2014/2015, yang berjumlah 14 anak didik terdiri dari 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi guru dan lembar penilaian untuk anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media tali jemuran dalam pembelajaran terbukti dapat mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 anak. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari prosentase rata-rata kemampuan berhitung 1-10 menggunakan media tali jemuran yang terus mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 58,92% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 67,85% dan meningkat lagi pada siklus III yaitu menjadi 78,57%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI