MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN BOWLING PADA ANAK-ANAK KELOMPOK A PAUD AL IKHLAS SUMBEREJO KECAMATAN DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RINANGGA KURNIA RIANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0062

Abstract

Abstrak RINANGGA KURNIA RIANTI : Mengembangkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Bowling pada Anak-anak Kelompok A PAUD Al Ikhlas Sumberejo Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : kemampuan berhitung, permainan bowling. Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berhitung anak-anak kelompok A PAUD Al Ikhlas Sumberejo kurang berkembang karena setiap pembelajaran berhitung pendidik selalu menggunakan metode bercakap-cakap dan pemberian tugas. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton dan tidak menyenangkan. Hal tersebut nampak dari semangat dan minat belajar berhitung anak yang rendah akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah. Permasalahan yang akan dipecahkan melalui penelitian ini adalah apakah penerapan permainan bowling dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak–anak kelompok A PAUD Al Ikhlas Sumberejo Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dengan subjek penelitian 14 anak kelompok A PAUD Al Ikhlas Sumberejo Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2014/2015, terdiridari 10 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar penilaian unjuk kerja untuk anak dan lembar observasi untuk pendidik. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa penerapan permainan bowling dalam pembelajaran berhitung terbukti dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak-anak Kelompok A PAUD Al Ikhlas Desa Sumberejo Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015. Terlihat dari prosentase rata-rata kemampuan berhitung anak padasiklus I (57,14%), meningkat pada siklus II (73,21%) dan meningkat lagi pada siklus III (82,14%). Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan hendaknya pihak sekolah menyediakan alat pembelajaran pendukung yang beragam, Dalam proses pembelajaran pengembangan kemampuan berhitung anak hendaknya pendidik menggunakan media dan permainan yang menarik dan beragam sehingga dapat mengembangkan motivasi dan konsentrasi anak dalam belajar, Orang tua hendaknya lebih memotivasi, mendukung dan memfasilitasi anak dalam pembelajaran berhitung baik disekolah maupun di rumah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI