MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BIJI PADA ANAK-ANAK KELOMPOK B TK YBPK SIDOREJO KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RENA EKA FEBRYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0059

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan motorik kasar pada anak-anak kelompok B TK YBPK Sidorejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015 masih rendah. Ini disebabkan oleh metode dan media pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik. Guru biasanya hanya mengunakan bola saja tanpa memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar sehingga anak kurang tertarik dan tentunya akan menghambat perkembangan motorik kasar anak. Rumusan permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah “apakah penggunaan media kantong biji dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak-anak kelompok B TK YBPK Sidorejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015 ? ”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 25 anak kelompok B TK YBPK Sidorejo. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus . Instrumen penelitian yang digunakan antara lain Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi untuk guru dan lembar penilaian untuk anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media kantong biji dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak Kelompok B TK YBPK Sidorejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari prosentase rata-rata kemampuan motorik kasar menggunakan media kantong biji yang terus mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 61%, siklus II sebesar 71% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 86%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru hendaknya dalam proses pembelajaran termasuk dalam meningkatan kemampuan motorik kasar anak menggunakan media yang menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi anak sehingga kemampuan anak berkembang secara optimal. Serta hendaknya kepala sekolah memotivasi guru untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas apabila ada hambatan yang ditemui dalam proses pembelajaran yang nantinya juga bermanfaat untuk pengembangan profesionalisme guru yang bersangkutan dan peningkatan hasil belajar anak didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI