MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PAPAN KATA PADA ANAK KELOMPOK A PAUD PKK SELOPANGGUNG KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

PURWASIH SULISTYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0057

Abstract

ABSTRAK PURWASIH SULISTYAWATI: Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Papan Kata Pada Anak Kelompok A PAUD PKK SELOPANGGUNG Kecamatan Semen Kabupaten Kediri tahun Pelajaran 2014-2015, PTK Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Media Papan Kata, Kemampuan Membaca. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama melaksanakan pemebelajaran membaca anak kelompok A PAUD PKK Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri yang masih lemah. Suasana kelas yang monoton, pasif dan membosankan membuat motivasi belajar anak menurun dan berakibat pada hasil belajar anak yang rendah. Permasalahan utama penelitian ini adalah kurangnya kemampuan guru dalam penggunaan alat peraga dan teknik pembelajaran yang digunakan guru kurang efektif dan efisien. Secara teoritis proses pembelajaran seorang guru seharusnya menggunakan teknik yang menarik dan menyenangkan sehingga dapat menarik perhatian anak. Cara yang seharusnya dilakukan oleh guru adalah mengembangkan penggunaan alat peraga sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, menarik dan menyenangkan bagi anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian Anak Kelompok A PAUD PKK Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Penelitan dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi anak, dan lembar observasi guru. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa kemampuan membaca anak masih tergolong lemah dan penerapan Media Papan Kata dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A PAUD PKK Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI