MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PERMAINAN SALUR KATA PADA ANAK-ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA PUHSARANG KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

PARTINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0055

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam berbicara. Pendidik berusaha menggunakan cara yang terbaik untuk menumbuhkan ketertarikan anak dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah dengan menggunakan permainan salur kata. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan permainan salur kata dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Puhsarang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015. Peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan masing – masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Aspek yang diteliti pada siklus ini adalah apakah dengan permainan salur kata kemampuan berbicara anak dapat meningkat. Dari hasil penelitian tindakan kelas dengan dua siklus diperoleh data nilai rata-rata peningkatan kemampuan berbicara anak melalui permainan salur kata pada siklus I sebanyak 55% dan siklus II sebanyak 83% . Dengan demikian secara empiris terbukti hipotesis yang menyatakan bahwa dengan menggunakan permainan salur kata dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Puhsarang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci : Kemampuan berbicara, permainan salur kata

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI