MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM TOLONG MENOLONG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA “PC” (PERSONAL COMPUTER) PADA ANAK KELOMPOK A RA PSM KEBONAGUNG WONOJOYO KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

OKTA RIYANI HARDINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0054

Abstract

ABSTRAK OKTA RIYANI HARDINI : Mengembangkan Kemampuan Tolong Menolong Melalui Penggunaan Media “PC” (Personal Computer) Pada Anak Kelompok A RA PSM Kebonagung Wonojoyo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, Skripsi, Jurusan PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Kemampuan social emosional, Tolong Menolong, “PC” (Personal Computer). Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa pembelajaran RA PSM Kebonagung anak masih belum berkembang dalam hal kemampuan tolong menolongnya, karena guru kurang dapat menerapkan metode maupun media dengan tepat serta kurangnya sarana dan prasana yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional dalam tolong menolong. Hal ini berdampak kemampuan tolong menolong anak kurang berkembang dan relatih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) apakah penggunaan media “PC” (Personal Computer) dapat mengembangkan kemampuan tolong menolong pada anak kelompok A RA PSM Kebonagung Wonojoyo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok A RA PSM Kebonagung Wonojoyo. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar unjuk kerja, lembar observasi anak, dan lembar observasi guru. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan prosentase kentuntasan belajar anak mulai siklus I, siklus II, dan siklus III. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan media “PC” (Personal Computer) dapat mengembangkan kemampuan tolong menolong pada anak kelompok A RA PSM Kebonagung Wonojoyo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian diterima. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan kemampuan tolong menolong anak dapat berkembang dengan optimal, sehingga anak didik mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus berupaya semaksimal mungkin untuk selalu memotivasi, mengembangkan kemampuan sosial emosional kepadaanak, supaya dapat membentuk hubungan dengan orang lain dimana anak yang mau tolong menolong akan memiliki rasa kepedulian terhadap sesama teman dengan bersedia memberi pertolongan tanpa atau dengan disuru

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI