MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM TERPADU MUMTAZA CERIA DESA KALIANYAR KECAMATAN KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
NURUL KHOMARIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0053
Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan peneliti di TK Islam Terpadu Mumtaza Ceria Desa Kalianyar Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk telah ditemukan masalah tentang kemampuan kognitif anak yang masih sangat rendah. Sehingga anak kurang berminat dalam melakukan kegiatan mengenal konsep bilangan 1 – 10, hal ini disebabkan karena metode yang digunakan oleh pendidik monoton dan tidak menyenangkan. Dengan menggunakan papan media flanel diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak didik, sehingga dapat memberi motivasi kepada anak untuk dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak.
Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media papan flanel untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak didik, peneliti menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok A TK Islam Terpadu Mumtaza Ceria Desa Kalianyar Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk.
Peningkaan kemampuan kognitif melalui media papan flanel kelompok A TK Islam Terpadu Mumtaza Ceria Desa Kalianyar Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk, terbukti dilihat dari hasil penelitian Siklus III diperoleh data prosentase kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10 sebesar 86,67% sehingga dapat dikatakan berjalan dengan baik dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal sebesar 75%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kegiatan menggunakan media papan flanel mempunyai pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak didik yang ditunjukkan kemampuan anak didik.