MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA BAKTI GAYAM KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
NUR KUMALASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0052
Abstract
ABSTRAK
Nur Kumalasari: Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lompat Tali pada Anak Kelompok A TK Kusuma Bakti Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : Kemampuan motorik kasar, permainan lompat tali
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kurangnya peningkatan kemampuan motorik kasar anak, hal ini dapat dilihat dari kondisi proses pembelajaran yang pasif, sehingga proses pembelajaran kurang efektif dan efisien dan strategi pembelajaran yang kurang menarik sehingga dalam proses pembelajaran anak merasa bosan. Kurangnya guru dalam memberikan stimulasi-stimulasi dengan metode pembelajaran yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak.
Permasalahan penelitian ini adalah Apakah permainan lompat tali dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A Tk Kusuma Bakti Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kediri?
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Kusuma Bakti Gayam. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus.Menggunakan instrumen berupa RKH dan RKM. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan penilaian hasil unjuk kerja dan lembar observasi aktifitas guru.
Hasil pelaksanaan proses permainan lompat tali ini menunjukkan bahwa anak mulai dapat melompat dengan baik dari siklus I, II dan siklus III semakin meningkat. Proses kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, hasil peningkatan permainan lompat tali siklus I sebesar 30 %, siklus II sebesar 55 %, dan siklus III sebesar 85%. sehingga hasil belajar anak dalam proses kegiatan tersebut dapat mencapai ketuntasan. Maka hipotesis yang berbunyi melalui permainan lompat tali dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A TK Kusuma Bakti Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Diterima.
Berdasarkan kesimpulan peneliti mengajukan saran kepada : 1) Guru,
hendaknya lebih kreatif dan inovatif dalam membuat media pengembangan motorik kasar untuk anak usia dini misal : permainana lompat tali. 2) Kepala Sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak salah satunya menyediakan media permainan lompat tali.