Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Melalui Permainan Klompen pada Anak Kelompok B RA. AL-Hikmah Turus Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016
Author (Penulis)
NISA EL AMALA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0050
Abstract
Abstrak
NISA’EL AMALA Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Melalui Permainan Klompen Pada Anak Kelompok B RA. Al-Hikmah Turus Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri
Kata Kunci: Kemampuan Bekerjasama, Klompen, Kerjasama, Komunikasi
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama melaksanakan pembelajaran kerjasama anak kelompok B RA Al-Hikmah Turus Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri yang masih lemah. Suasana kelas yang pasif dan membosankan berdampak pada motiasi belajar siswa menjadi rendah, pada akhirnya hasil belajarnyapun menjadi rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penerapan permainan klompen dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan bekerjasama anak kelompok B RA. AL-Hikmah Turus Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B RA. Al-Hikmah Turus Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, penggunakan instrument berupa RKM,RKH. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi anak,dan lembar observasi guru.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa kemampuan bekerjasama anak masih tergolong rendah dan penerapan permainan klompen dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan bekerjasama pada anak kelompok B RA. Al-Hikmah Turus Kecamatan Gampengrejo Kabupaten KediriTahun Pelajaran 2014-2015.Berdasarkan kesimpulan penelitian di atas, peneliti mengajukan saran kepada: 1) Guru, untuk menerapkan permainan klompen dalam meningkatkan kemampuan bekerjasama anak, 2) Lembaga, dapat menambah lagi pengadaan media klompen sehingga dalam pembelajaran meningkatkan kerjasama anakdapat maksimal, 3) peneliti selanjutnya, untuk menambah jumlah klompen agar penelitian dapat berjalan lancer.