MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGURUTKAN TINGGI BENDA MELALUI MEDIA BOTOL PADA ANAK KELOMPOK A PAUD QUEEN ALAAFIN BAITUSSHOLIKHIN DESA JABON KECAMATAN BANYAKAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

NINA ANDRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0049

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa anak dalam proses pembelajaran kognitif terutama dalam mengurutkan tinggi benda masih sulit. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengurutkan tinggi benda secara khusus mengetahui seberapa besar peningkatan anak dalam mengurutkan tinggi benda melalui media botol. Rumusan masalah pada penelitian adalah: apakah dengan melalui media botol dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengurutkan tinggi benda pada anak kelompok A PAUD QUEEN ALAAFIN BAITUSSOLIKHIN Desa Jabon Banyakan Kediri? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan subjek penelitian anak kelompok A PAUD Queen Alaafin Baitussholikhin Desa Jabon Kecamatan Banyakan Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Yang berjumlah 15 anak didik terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan penelitian ini dilakukan selama 3 siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Data penelitian ini adalah data perkembangan dalam mengenal angka, indikator yang digunakan adalah pedoman observasi yang mengacu pada indikator yang ditetapkan dan teknik, analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan mengolah data yang terkumpul melalui observasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: kegiatan mengurutkan tinggi benda melalui media botol dapat meningkatkan kognitif dalam mengurutkan tinggi benda terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat di lihat dari rata-rata hasil prosentase pada siklus I (53%) dan meningkat lagi pada siklus II (67%) dan meningkat lagi pada siklus III (80%) terus mengalami peningkatan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini di rekomendasikan : Dalam proses belajar mengajar agar lancar, pihak sekolah hendaknya memperhatikan fasilitas sarana dan prasarana sekolah yang menunjang pembelajaran agar dapat memotivasi anak untuk giat belajar. Mendorong guru untuk lebih berkreasi dalam membuat media pengenalan tinggi benda sehingga akan lebih bermanfaat dan dapat mendorong minat anak agar lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Kata kunci : kemampuan kognitif, mengurutkan tinggi benda, media botol .

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI