PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA PERTUMBUHAN TANAMAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B TK PGRI PURWOREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

NANING PUAN ROHANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0047

Abstract

Latar belakang masalah adalah penerapan metode yang kurang tepat dan kurang menarik, sehingga ketika anak diminta untuk mencoba dan mengamati percobaan tentang apa yang terjadi pada proses pertumbuhan tanaman anak mengalami kesulitan. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba menggunakan metode esperimen dalam kegiatan pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode eksperimen pada pertumbuhan tanaman dapat meningkatkan kemampuan sains anak kelompok B di TK PGRI Purworejo Kabupaten Tulungagung?” Penelitian yang dilaksanakan peneliti hanya meneliti pada perkembangan kemampuan sains untuk kelompok B TK PGRI Purworejo Kabupaten Tulungagung menggunakan metode eksperimen. Langkah-langkahnya adalah: (1) pendidik memberi penjelasan, (2) anak didik melaksanakan percobaan, (3) pengamatan, (4) menyimpulkan dengan bercerita, (5) kesimpulan dari pendidik. Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap tindakannya: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Ditemukan bahwa: (1) Metode Eksperimen dapat digunakan dengan baik untuk meningkatkan kemampuan sains anak kelompok B TK Purworejo Kabupaten Tulungagung. (2) Kemampuan sains anak kelompok B TK Purworejo Kabupaten Tulungagung meningkat setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan metode eksperimen. Pada siklus I memcapai prosentase ketuntasan 53%, pada siklus II peningkatan mencapai prosentase ketuntasan 68% dan pada siklus III meningkat mencapai prosentase ketuntasan 80%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa melalui penerapan metode eksperimen pada pertumbuhan tanaman dapat meningkatkan kemampuan sains anak kelompok B TK PGRI Purworejo Kabupaten Tulungagung. Hal ini hipotesis penelitian diterima. Pembelajaran yang sebelumnya berpusat pada pendidik dengan metode eksperimen ini kegiatan pembelajaran berubah berpusat pada anak didik. Anak didik sendiri yang melaksanakan percobaan. Disarankan untuk melaksanakan metode eksperimen untuk mengembangkan kemampuan sains di dalam kegiatan pembelajaran anak TK.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI