MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA “JANGAN GUMUN” PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA BANYUANYAR KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

MUDRIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0045

Abstract

ABSTRAK Mudrikah : Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Metode Eksperimen Dengan Media “Jangan Gumun” Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Banyuanyar Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, Skripsi, PG PAUD, FKIP, UNP Kediri 2015. Kata Kunci : Sains, metode eksperimen, Media “Jangan Gumun” Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pengetahuan sains di TK masih belum, hal ini disebakan kurangnya motivasi dari orangtua maupun guru. Akibatnya peserta didik kurang memahami tentang Ilmu Sains. Hal tersebut nampak dari motivasi peserta didik yang maish kurang, yang pada akhirnya minat belajar pun juga masih kurang. Permasalahan peneliti adalah “Apakah Melalui Metode Eksperimen dengan Penggunaan Media “Jangan Gumun” (Jelajah dan Guncangan Gunung Muntah) dapat meningkatkan kemampuan sains peserta didik kelompok B TK Dharma Wanita Banyuanyar Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian peserta didik kelompok B TK Dharma Wanita Banyuanyar Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan RKH penilaian anak dan pedoman pengembangan penilaian. Kesimpulan hasil penelitian adalah melalui metode eksperimen dengan penggunaan media “Jangan Gumun” pada siklus I mencapai nilai tuntas 39%, pada siklus II 65%, pada siklus III 91%, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran telah berhasil dengan baik dan memuaskan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini adalah melalui metode eksperimen dengan media “Jangan Gumun” dapat meningkatkan kemampuan sains pada anak kelompok B TK. Dharma Wanita Banyuanyar Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini, diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI