MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN DALAM MENCAMPUR WARNA MELALUI MEDIA TANGKI PELANGI PADA ANAK KELOMPOK B PAUD CAHAYA BUNDA KELURAHAN SEMBUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

METARIA PUSPITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0044

Abstract

ABSTRAK METARIA PUSPITA: Meningkatkan Kemampuan Sains Permulaan dalam Mencampur Warna melalui Media Tangki Pelangi pada Anak Kelompok B PAUD Cahaya Bunda Kelurahan Sembung Kabupaten Tulunggagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Kemampuan Sains Permulaan dalam Mencampur Warna, Media Tangki Pelangi Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan sains permulaan dalam mencampur warna pada anak Kelompok B PAUD Cahaya Bunda Kelurahan Sembung Kabupaten Tulungagung masih sangat rendah. Hal ini disebabkan karena anak kurang tertarik terhadap media dan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan guru. Akibatnya masih banyak anak didik yang belum mengenal konsep warna dan pencampuran warna. Permasalahan peneliti ini adalah apakah melalui media tangki pelangi dapat meningkatkan kemampuan sains permulaan dalam mencampur warna pada anak kelompok B PAUD Cahaya Bunda Kelurahan Sembung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian semua anak kelompok B PAUD Cahaya Bunda Kelurahan Sembung Kabupaten Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan menggunakan instrumen berupa lembar penilaian unjuk kerja anak dan lembar observasi guru. Analisis data memperoleh hasil pada setiap siklus menunjukkan tingkat keberhasilan anak sewaktu proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat dibuktikan dengan kegiatan pra tindakan memiliki prosentase ketuntasan 55,76%, kemudian pada siklus I memiliki prosentase ketuntasan mencapai 59,6%, pada siklus II memiliki prosentase ketuntasan mencapai 69,23%, di lanjutkan pada siklus III terbukti bahwa penerapan media tangki pelangi dapat meningkatkan kemampuan sains permulaan anak, dibuktikan dengan prosentase ketuntasan mencapai 84,6%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindakan pembelajaran melalui penerapan media tangki pelangi dapat meningkatkan kemampuan sains permulaan dalam mencampur warna pada anak kelompok B PAUD Cahaya Bunda Kelurahan Sembung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan simpulan penelitian diatas, peneliti mengajukan saran kepada : 1) Guru, untuk menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti media tangki pelangi sebagai media pembelajaran yang kreatif untuk meningkatkan kemampuan sains permulaan dalam mencampur warna, 2) Kepala Sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang lebih baik dan kegiatan-kegiatan yang lebih bervariatif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI