MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN KOTAK BERSUSUN PADA ANAK KELOMPOK A PAUD INSAN AL-FIRDAUS DESA PARON KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
LISA NUR MULIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0042
Abstract
ABSTRAK
Lisa Nur Muliawati: Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Permainan Kotak Bersusun Pada Anak Kelompok A PAUD Insan Al-Firdaus Desa Paron Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri 2015
Kata kunci: Kemampuan Mengenal Bilangan, Permainan, Kotak Bersusun
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa dalam mengenal bilangan 1-10 pada anak kelompok A PAUD Insan Al-Firdaus masih rendah, dikarenaka terbatasnya media yang dipergunakan guru dalam mengenalkan bilangan pada anak. Guru dalam mengajarkan konsep bilangan cenderung hanya menggunakan kartu angka dan praktek menulis di buku ataupun di papan tulis. Sehingga anak kurang tertarik dan enggan untuk mengikuti pembelajaran.
Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah dalam penggunaan media kotak bersusun dapat mengembangkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak kelompok A PAUD Insan Al-Firdaus tahun pelajaran 2014/2015?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 19 anak kelompok A PAUD Insan Al-Firdaus Desa Paron Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksankan dalam dua siklus dan menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi guru, dan lembar penilaian untuk anak.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan media kotak bersusun terbukti dapat mengembangkan mengenal bilangan 1-10 anak kelompok A PAUD Insan Al-Firdaus Desa Paron Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Dengan hasil pengumpulan data kempuan mengenal bilangan 1-10 pada siklus I sebesar 69,79 % dan pada siklus II sebesar 85,52%.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, bahwa dengan menggunakan kotak bersusun dapat dibuktikan kebenarannya untuk menggembangkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak kelompok A PAUD Insan Al-Firdaus Desa Paron Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015