MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL PERILAKU BAIK DAN BURUK MELALUI PERMAINAN TEBAK PERASAAN PADA ANAK KELOMPOK B SEKOLAH ALAM RAMADHANI KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
ITA TRI JAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0039
Abstract
ABSTRAK
ITA TRI JAYANTI :Meningkatkan Kemampuan Mengenal Perilaku Baik dan Buruk Melalui Permainan Tebak Perasaan Pada Anak Kelompok B Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : kemampuan mengenal perilaku baik dan buruk, permainan tebak
perasaan.
Berdasarkan fenomena yang terjadi saat ini, dengan banyaknya anak yang kurang paham akan perilaku baik dan buruk maka peneliti ingin melakukan pengamatan dengan sebuah inovasi pembelajaran yang baru yaitu permainan tebak perasaan. Dengan adanya permainan ini di harapkan kemampuan anak khususnya dalam mengenal perilaku baik dan buruk dapat meningkat atau berkembang sesuai harapan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1)Adanya pengaruh lingkungan yang kurang mendukung, (2)Peran orang tua yang belummaksimal, (3)Pembelajaran yang di berikan guru cenderung monoton, (4)Tidak adanya media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan (PTK) dengan subyek penelitian pada 11 anak di kelompok B dan dilakukan di Sekolah Alam Ramadhani. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), Lembar observasi untuk anak dan Lembar observasi aktivitas guru. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa tindakan pembelajaran dengan menggunakan permainan tebak perasaanmelalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan mengenal perilaku baik dan buruk pada kelompok B Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh, peneliti menyarankan kepada pihak sekolah diharapkan terus berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang lebih menarik khususnya dalam hal pengenalan perilaku baik dan baik, serta pembelajaran yang di berikan kepada peserta didik harus yang menyenangkan dan bisa membuat mereka nyaman akan pembelajaran yang di terima.