MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL PERILAKU BAIK DAN BURUK MELALUI PERMAINAN TEBAK PERASAAN PADA ANAK KELOMPOK B SEKOLAH ALAM RAMADHANI KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ITA TRI JAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0039

Abstract

ABSTRAK ITA TRI JAYANTI :Meningkatkan Kemampuan Mengenal Perilaku Baik dan Buruk Melalui Permainan Tebak Perasaan Pada Anak Kelompok B Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : kemampuan mengenal perilaku baik dan buruk, permainan tebak perasaan. Berdasarkan fenomena yang terjadi saat ini, dengan banyaknya anak yang kurang paham akan perilaku baik dan buruk maka peneliti ingin melakukan pengamatan dengan sebuah inovasi pembelajaran yang baru yaitu permainan tebak perasaan. Dengan adanya permainan ini di harapkan kemampuan anak khususnya dalam mengenal perilaku baik dan buruk dapat meningkat atau berkembang sesuai harapan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1)Adanya pengaruh lingkungan yang kurang mendukung, (2)Peran orang tua yang belummaksimal, (3)Pembelajaran yang di berikan guru cenderung monoton, (4)Tidak adanya media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan (PTK) dengan subyek penelitian pada 11 anak di kelompok B dan dilakukan di Sekolah Alam Ramadhani. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), Lembar observasi untuk anak dan Lembar observasi aktivitas guru. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa tindakan pembelajaran dengan menggunakan permainan tebak perasaanmelalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan mengenal perilaku baik dan buruk pada kelompok B Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh, peneliti menyarankan kepada pihak sekolah diharapkan terus berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang lebih menarik khususnya dalam hal pengenalan perilaku baik dan baik, serta pembelajaran yang di berikan kepada peserta didik harus yang menyenangkan dan bisa membuat mereka nyaman akan pembelajaran yang di terima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI