MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR DENGAN PEMBERIAN STIMULUS MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-HIDAYAH KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

IRMA ALFI SUNANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0038

Abstract

ABSTRAK Irma Alfi Sunani: Pengembangan Kemampuan Kreativitas Menggambar dengan Pemberian Stimulus melalui Metode Bercerita pada Anak Kelompok A TK Al-Hidayah Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : Anak TK Kelompok A, Kemampuan Kreativitas Menggambar, Metode bercerita, pemberian stimulus Sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan telah memberikan pengaruh dalam sektor pembinaan kemampuan aspek dalam diri anak terutama kreativitas agar tercipta manusia yang kreativ dan inovativ di masa yang akan datang. Sehingga diperlukan pembinaan dan bimbingan serta stimulasi agar kreativitas anak tergali sesuai dengan bakat kreativitas yang ada dalam diri anak. tujuan yang hendak dicapai dalam peneitian ini adalah untuk mendapatkan informasi yang empiris berkaitan dengan pemberian stimulus melalui metode bercerita pada kemampuan kreativitas menggambar anak. Untuk itulah dalam penelitian ini, peneliti mencoba mencari jawaban dengan mengajukan permasalahan sebagai berikut: ”apakah dengan pemberian stimulus melalui metode bercerita dapat mengembangkan kreativitas menggambar pada anak Kelompok A TK Al-Hidayah Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar? Subyek populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Al-Hidayah Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Sebanyak 11 Anak. Dalam pengamatan ini, penguji menggunakan metode bercerita dalam pemberian stimulus untuk mengembangkan kreativitas anak dalam menggambar. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan, Kemampuan kreativitas menggambar pada anak kelompok A TK Al-Hidayah Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar meningkat setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran pemberian stimulus melalui metode bercerita.Dalam kategori berkembang pada siklus I mencapai prosentase ketuntasan 63%, pada siklus II peningkatan mencapai prosentase ketuntasan 81% dan pada siklus III meningkat mencapai prosentase ketuntasan 90% Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah mengembangkan kreativitas menggambar dengan pemberian stimulus melalui metode bercerita pada anak kelompok TK Al-Hidayah Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar dapat meningkatkan kreativitas meggambar anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI