MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGHAFAL ANGKA 1-20 MELALUI MEDIA ANGKA PILIHAN (ANGPIL) PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK DESA KLEPEK KECAMATAN KUNJANG KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

INKE HILDA VIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0037

Abstract

Abstrak Inke Hilda Via: Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Menghafal Angka 1-20 pada Anak Kelompok B TK PKK Klepek Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Kata kunci: Kognitif, Media Angka Pilihan (Angpil), Hasil Belajar. Penelitian dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti tentang permasalahan yang terjadi di kelas.Pembelajaran yang terjadi di dalam kelas kurang meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam menghafal angka 1-20. Akibatnya anak belum hafal angka 1-20. Hal ini dapat diketahui bahwa anak hanya ditugaskan untuk mencontoh tulisan guru tanpa ada tugas kepada anak untuk menuliskan angka yang disebutkan oleh guru. Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan kognitif dalam menghafal angka 1-20 pada anak kelompok B TK PKK Klepek Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015. Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui media angka pilihan (angpil) dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam menghafal angka 1-20?. Pemecahan masalah adalah dengan melakukan penelitian tindakan kelas yang memberikan media pembelajaran angka pilihan (angpil) dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK PKK Klepek. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, lembar observasi peneliti (guru), dan lembar penugasan anak. Kesimpulan hasil penelitian adalah tindakan pembelajaran menggunakan media angka pilihan (angpil) melalui metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam menghafal angka 1-20. Peningkatan kemampuan anak dapat diketahui dari hasil belajar anak pada siklus I sampai siklus III. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa tujuan penggunaan media angka pilihan (angpil) adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam menghafal angka 1-20.Untuk itu guru dapat memberikan media pembelajaran bagi anak agar penyampaian pembelajaran kepada anak mudah untuk dipahami anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI