MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN MELALUI MEDIA KOTAK AJAIB PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA 1 DUKUH KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
INDAH TRI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0035
Abstract
ABSTRAK
INDAH TRI WAHYUNI : Meningkatkan kemampuan sains permulaan melalui media kotak ajaib pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 1 Dukuh kecamatan Ngadiluwih kabupaten Kediri tahun ajaran 2014-2015 Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: kemampuan kognitif sains permulaan ditingkatkan melalui media kotak ajaib
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di TK Dharma Wanita 1 Dukuh Desa Dukuh Kecamatan Ngadiluwih masih sangat terfokus pada guru dan tanpa adanya penggunaan media sebagai alat penunjang dalam proses pembelajaran sehingga dalam situasi itu dapat menghambat kemampuan sains permulaan pada anak.Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media kotak ajaib dapat meningkatkan kemampuan sains permulaan pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 1 Dukuh kecamatan Ngadiluwih kabupaten Kediri tahun ajaran 2014-2015 ?.”Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Kemmis dan Mc. Taggart. Dengan subjek penelitian pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 1 Dukuh kecamatan Ngadiluwih kabupaten Kediri tahun ajaran 2014-2015. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, yang setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Menggunakan instrument RKM, RKH, instrument observasi untuk anak dan guru.Data tentang kemampuan kemandirian anak dalam pembelajaran diperoleh dari observasi dan dokumentasi yang analisis dengan rumus persentase.
Hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan media kotak ajaib dapat dibuktikan keefektifannya untuk mengembangkan kemampuan kognitif khususnya kemampuan sains permulaan pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 1 Dukuh kecamatan Ngadiluwih kabupaten Kediri tahun ajaran 2014-2015.