Mengembangkan Kemampuan Kemandirian Melalui Media Film Animasi “Upin dan Ipin” pada Anak Didik Kelompok A TK Kusuma Mulia Wonorejo Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri
Author (Penulis)
HENY ARININGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0034
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan anak dalam kemandirian masih kurang dan peserta didik belum dapat melaksanakan tugas yang diberikan sampai selesai akibatnya anak ketinggalan setiap kegiatan.
Permasalahan penelitian ini yaitu apakah melalui media film animasi “Upin dan Ipin” dapat mengembangkan kemampuan kemandirian pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Wonorejo kecamatan Ngadiluwih kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelompok A-1 TK Kusuma Mulia Wonorejo. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen pembelajaran berupa RKM, RKH, lembar penilaian unjuk kerja, dan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik.
Hasil analisis data penelitian tentang nilai ketuntasan yang diperoleh dari hasil unjuk kerja pada anak didik Kelompok A-1 TK Kusuma Mulia Wonorejo dikemukakan bahwa pada siklus I berhasil mencapai 57% (sekitar 17 anak). Pada siklus II berhasil mencapai 70% (21 anak), dan selanjutnya pada siklus III berhasil mencapai 97% (29 anak). Hal ini berarti tindakan peneliti menunjukkan hasil yang baik.
Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Tindakan Pembelajaran Melalui Media Film Animasi “Upin dan Ipin” dapat mengembangkan kemampuan kemandirian pada anak Kelompok A TK Kusuma Mulia Wonorejo Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri” dapat diterima
Kata kunci: Kemampuan Kemandirian, Media Film Animasi “Upin dan Ipin”