MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI PERCOBAANTERJADINYA GUNUNG MELETUS PADA ANAK KELOMPOK A PAUD PERMATA HATI KALIBOTO KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

HANY ATUN MUHASYAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0032

Abstract

ABSTRAK Hany Atun Muhasyaroh, 2015, mengembangkan kemampuan sains melalui percobaan terjadinya gunung meletus pada anak kelompok A di PAUD PERMATA HATI desa kaliboto kecamatan tarokan kabupaten kediri, Skripsi, FKIP UNP Kediri. Kata Kunci : kemampuan sains, melalui percobaan, terjadinya gunung meletus Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengalaman dan pengamatan tentang kemampuan sains anak pada dasarnya belum begitu paham, tahu, dan mengerti, sehingga kemampuan sains yang ada pada anak belum dapat berkembang dengan optimal. Oleh karena itu, perkembangan kemampuan sains anak dalam proses pembelajaran harus memperoleh perhatian yang serius bagi pendidik ( utamanya guru, orang tua atau keluarga). Upaya yang dilakukan guru dengan menerapkan melakukan percobaan dengan menggunakan media anak dapat mengamati melalui metode demonstrasi, bereksplorasi, atau menggungkapkan tentang terjadinya sesuatu. Kegiatan melakukan percobaan dapat mengembangkan kemampuan sains pada anak usia dini, salah satunya dengan melalui percobaan terjadinya gunung meletus. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan melalui percobaan terjadinya gunung meletus dapat mengembangkan kemampuan sains pada anak ?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Permata Hati Desa Kaliboto Kecamatan tarokan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan menggunakan instrumen RKM, RKH, alat/media untuk percobaan, lembar observasi unjuk kerja anak, lembar observasi aktifitas guru. Dari hasil pengamatan dan analisis data serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan sains anak meningkat. Hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan pada siklus I 46,66%, siklus II menjadi 66,67% dan pada siklus III meningkat menjadi 86,67%, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah tindakan pembelajaran penerapan percobaan terjadinya gunung meletus dapat mengembangkan kemampuan sains pada anak kelompok A PAUD Permata Hati Desa Kaliboto Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI