MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN DALAM BERSIKAP MENGGUNAKAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KB MAHKOTA INTAN KELURAHAN TANJUNGANOM KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

FITRIANIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0029

Abstract

ABSTRAK FITRIANIK : Mengembangkan Kemandirian Dalam Bersikap Menggunakan Metode Bercerita Melalui Media Buku Cerita Bergambar Pada Anak KB MAHKOTA INTAN Kelurahan Tanjunganom Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2014 / 2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : Kemandirian dalam bersikap, metode bercerita, buku cerita bergambar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di KB MAHKOTA INTAN Kelurahan Tanjunganom masih sangat terfokus pada guru dan buku-buku cerita yang terlalu banyak kata dan halaman sehingga penanaman konsep mandiri belum sampai ke perilaku anak didik. Akibat dari pembelajaran seperti itu, untuk meningkatkan agar anak bisa lebih mandiri dan dapat melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain akan terhambat. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah melalui metode bercerita dengan buku cerita bergambar dapat mengembangkan kemandirian dalam bersikap anak ?”. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Kemmis dan Mc. Taggart. Dengan subjek penelitian anak KB MAHKOTA INTAN Kelurahan Tanjunganom Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2014 / 2015. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, yang setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Menggunakan instrument RKM, RKH, instrument observasi untuk anak dan guru. Data tentang kemampuan kemandirian anak dalam pembelajaran diperoleh dari observasi dan dokumentasi yang analisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan metode bercerita dengan buku cerita bergambar dapat dibuktikan keefektifannya untuk Mengembangkan Kemandirian Dalam Bersikap pada anak KB MAHKOTA INTAN Kelurahan Tanjunganom Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2014 / 2015. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Guru perlu melakukan penguasaan dan pengkondisian kelas dengan cepat yang dilakukan di setiap awal pembelajaran, jadi kesan pertama sangat menentukan kesan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya, serta dalam menerapkan metode bercerita guru harus lebih ekspresif dan menarik demi terwujudnya pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan. (2) Lembaga pendidikan hendaknya memfasilitasi aktifitas guru dalam menerapkan berbagai metode dan media pembelajaranyang beragam dan kreatif, selain itu juga perlu adanya pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keterampilan guru.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI