MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA BENDA KONKRET PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA KEC. SRENGAT KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

FITRIA EKA MEGA YANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0028

Abstract

ABSTRAK Eka Fitria: Pengembangan Kemampuan Anak Menggunakan Benda Konkret Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Srengat, Kabupaten Blitar, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : Anak TK Kelompok A, Kemampuan Berhitung, Metode Pemberian Tugas, Benda Konkret. Sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan telah memberikan banyak pengaruh dalam sektor pembinaan kemampuan dalam diri anak agar tercipta manusia yang unggul dan berkualitas di masa yang akan dating. Sehingga diperlukan pembinaan dan bimbingan serta stimulasi agar kemampuan serta bakat yang ada dalam diri anak dapat berkembang dengan baik. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak dengan menggunakan media benda konkret. Untuk itulah dalam penelitian ini, peneliti mencoba mencari jawaban dengan mengajukan rumusan masalah sebagai berikut: “Apakah tindakan guru melalui media benda konkret dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Kabupaten Blitar?”. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Dharma Wanita Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar sebanyak 15 anak. Dalam pengamatan ini, penguji menggunakan metode pemberian tugas untuk mengetahui kemampuan berhitung anak. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan, kemampuan berhitung anak menggunakan media benda konkret pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar meningkat setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan media benda konkret melalui metode pemberian tugas. Dalam kategori berkembang pada siklus I mencapai prosentase ketuntasan sebesar 51%, siklus II peningkatan mencapai prosentase ketuntasan sebesar 68,33% dan pada siklus III meningkat mencapai prosentase ketuntasan 80%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: tindakan pembelajaran melalui metode pemberian tugas dan instrument unjuk kerja melalui media benda konkret dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak kelompok A TK Dharma Wanita Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI