MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG BANYAK BENDA 1-10 MELALUI MEDIA STEMPEL ANGKA PADA ANAK SEKOLAH ALAM RAMADHANI KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
FITRI SUGIASIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0027
Abstract
Abstrak
FITRI SUGIASIH : Mengembangkan Kemampuan Membilang Banyak Benda 1-10 Melalui Media Stempel Angka Pada Anak Kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015
Kata Kunci : Kemampuan membilang, Media Stempel Angka
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan pengalaman peneliti, dimana Guru mengalami kesulitan untuk melakukan pengembangan kemampuan membilang anak secara optimal sehingga anak kurang memperlihatkan adanya respon terhadap kegiatan membilang. Terlihat dari kurang aktifnya anak selama mengikuti kegiatan membilang banyak benda 1-10. Dari gejala tersebut dapat disimpulkan bahwa rendahnya kemampuan kognitif anak dalam kemampuan membilang banyak benda merupakan kegiatan yang kurang menarik yang dilakukan oleh guru.
Permasalahan Penelitian ini adalah “Apakah melalui media Stempel Angka dapat megembangkan kemampuan membilang banyak benda 1-10 pada anak Kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri?”
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga Siklus, dan menggunakan Instrumen berupa RKM dan RKH. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian hasil unjuk kerja dan lembar observasi guru saat proses pembelajaran.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan media stempel angka dapat mengembangkan kemampuan membilang banyak benda 1-10 pada anak kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Dengan prosentase anak dalam kegiatan membilang banyak benda 1-10 adalah 50% pada Siklus I, 60,71% pada Siklus II, dan 80% pada siklus III dengan minimal prosentase ketuntasan belajar anak 75%.
Berdasarkan Kesimpulan penelitian di atas, peneliti mengajukan saran untuk : 1) Kepala Sekolah, hendaknya mengadakan pertimbangan dalam pengadaan media di sekolah yang tepat untuk mengembangkan potensi anak seperti media stempel angka. 2) Guru, hendaknya Guru dapat menerapkan pembelajaran membilang banyak benda dengan menggunakan media stempel angka sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh guru.