MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG BANYAK BENDA 1-10 MELALUI MEDIA STEMPEL ANGKA PADA ANAK SEKOLAH ALAM RAMADHANI KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

FITRI SUGIASIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0027

Abstract

Abstrak FITRI SUGIASIH : Mengembangkan Kemampuan Membilang Banyak Benda 1-10 Melalui Media Stempel Angka Pada Anak Kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015 Kata Kunci : Kemampuan membilang, Media Stempel Angka Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan pengalaman peneliti, dimana Guru mengalami kesulitan untuk melakukan pengembangan kemampuan membilang anak secara optimal sehingga anak kurang memperlihatkan adanya respon terhadap kegiatan membilang. Terlihat dari kurang aktifnya anak selama mengikuti kegiatan membilang banyak benda 1-10. Dari gejala tersebut dapat disimpulkan bahwa rendahnya kemampuan kognitif anak dalam kemampuan membilang banyak benda merupakan kegiatan yang kurang menarik yang dilakukan oleh guru. Permasalahan Penelitian ini adalah “Apakah melalui media Stempel Angka dapat megembangkan kemampuan membilang banyak benda 1-10 pada anak Kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri?” Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga Siklus, dan menggunakan Instrumen berupa RKM dan RKH. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian hasil unjuk kerja dan lembar observasi guru saat proses pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan media stempel angka dapat mengembangkan kemampuan membilang banyak benda 1-10 pada anak kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Dengan prosentase anak dalam kegiatan membilang banyak benda 1-10 adalah 50% pada Siklus I, 60,71% pada Siklus II, dan 80% pada siklus III dengan minimal prosentase ketuntasan belajar anak 75%. Berdasarkan Kesimpulan penelitian di atas, peneliti mengajukan saran untuk : 1) Kepala Sekolah, hendaknya mengadakan pertimbangan dalam pengadaan media di sekolah yang tepat untuk mengembangkan potensi anak seperti media stempel angka. 2) Guru, hendaknya Guru dapat menerapkan pembelajaran membilang banyak benda dengan menggunakan media stempel angka sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh guru.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI