MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL WARNA MELALUI METODE BERMAIN PENJEPIT BAJU PADA ANAK KELOMPOK A RA DIPONEGORO KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ERINNA NUR FARIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna melalui metode bermain penjepit baju. Permasalahan dari penelitian ini adalah Apakah penerapan metode bermain penjepit baju dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna pada anak kelompok A RA Diponegoro Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015? Pengenalan warna pada anak akan cepat dipahami jika menggunakan metode tepat. Guru dapat menggunakan metode yang dapat membantu kemampuan anak mengenal warna dengan suasana belajar yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan anak salah satunya dengan metode bermain. Subjek penelitian adalah anak kelompok A RA Diponegoro Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan jumlah peserta didik 13 anak. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan prosedur penelitian berdasarkan prinsip Suhardjono (2014) yang mencakup kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Menggunakan intrumen lembar penilaian unjuk kerja, lembar observasi guru, dan dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Penggunaan metode bermain penjepit baju dalam mengenalkan warna pada anak memberikan perubahan yang positif. 2) Katagori berkembang sesuai harapan pada siklus 1 (38%) dilanjutkan siklus 2 menjadi (54%), siklus 3 menjadi (85%) atau dapat dikatakan dari 5 anak menjadi 7 anak dan naik lagi menjadi 11 anak. Dan katagori anak sangat berkembang 2 anak (15%). 3) Kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna mengalami perubahan yang sangat baik melalui metode bermain penjepit baju pada anak kelompok A RA Diponegoro Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tindakan pembelajaran melalui metode bermain penjepit baju dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A RA Diponegoro Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI